Halaman

Kamis, 24 Maret 2011

Lubang Hitam si Penarik Materi


Tau ga sih lo apa itu "black Hole"?????

oke, sebelum membicarakan yang lebih jauh lagi saya akan memberi tahu yang dimaksud dengan black hole atau lubang hitam itu.
Black hole adalah lubang hitam yang memiliki gaya gravitasi yang sangat besar, hingga mencapai 8kecepatan lepas pada medan gravitaasinya yang hampir mendekati kecepatan cahaya. Kekuatan gravitasi yang dimilikinya menyebabkan benda-benda yang berada di dekatnya tertarik dan tersedot ke dalamnya. Maka, benda-benda bahkan cahaya yang telah tertarik masuk tidak dapat keluar lagi.



apakah kalian bertanya juga kenapa dikatakan sebagai black hole atau lubang hitam??
 Istilah "lubang hitam" pertama kali digunakan oleh ahli fisika Amerika Serikat, John Archibald Wheeler pada 1968. Wheeler memberi nama demikian karena lubang hitam tidak dapat dilihat, karena cahaya turut tertarik ke dalam nya sehingga kawasan di sekitar nya menjadi gelap.
Jadi hitam disini bukan sembarang hitam dan ini bukan hitam yang biasa, karena hitam ini tidak menunjukan ke suatu lobang, hanya saja merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali, yang berarti juga suram. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.



Dari asal mula menuju ke proses:
 
Asal mula terbentuknya black hole yaitu dimana suatu obyek yang memiliki gaya gravitasi yang sangat besar hingga tidak dapat bertahan dari tekanan gravitasinya sendiri, yang membentuk suatu lubang hitam. Masa pada lubang hitam tersebut akan meningkat dan bertambah jika menarik benda-benda yang berada melintas dengan jarak yang sangat dekat dengannya. Jika materi-materi yang telah tertarik oleh lubang hitam tersebut tidak akan pernah bisa melepaskan dirinya lagi, tetapi lubang hitam tidak bisa menarik materi-materi yang berada jauh dari lintasannya. Selain menarik materi-materi didekatnya masa pada lubang hitam akan bertambah dengan bertabrakan dengan sesama lubang hitam lainnya, sehingga menjadi lubang hitam yang sangat besar.









0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 rizka AS